CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Kamis, 03 Oktober 2013

Tanda-Tanda Tour Operator Yang Tidak Terpercaya

Banyak operator tur yang berlomba-lomba menawarkan perjalanan nyaman untuk sobat Pusaka Tours. Bingung dan takut salah memilih operator tur? 9 Tanda ini akan mengarahkan kita pada operator tur yang tidak mempunyai reputasi bagus.

Tak semua operator tur punya pelayanan dan fasilitas baik. Ada juga operator tur nakal yang tidak terpercaya. Inilah 9 tanda yang menunjukkan kalau operator tur pilihan kita tidak dapat dipercaya. Behati-hatilah dalam memilih operator tur:

Tidak ada yang mengenal operator tur tersebut

Salah besar, jika di tahun 2013 ini masih ada perusahaan atau operator tur yang tidak memiliki website. Demikian juga bila tidak ada yang menulisnya dalam situs ulasan wisata. Tentunya kita harus berpikir dua kali bila mau menggunakan operator tur tersebut.

Sebelum memilih operator tur, kita harus teliti dan bisa menemukan beberapa informasi dari beberapa situs. Kecuali, itu adalah operator tur kecil di negara sedang berkembang. Dalam hal ini, wajar bila penggunaan internet belum maksimal.

Tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit

Bila merasa ragu dengan operator tur perjalanan, pemesanan dengan menggunakan kartu kredit bisa jadi cara yang aman. Beberapa kartu kredit tidak akan bertanggung jawab atas biaya bila operator tur tersebut melakukan penipuan. Ditambah, ada pula beberapa kartu kredit yang menawarkan beberapa asuransi, seperti untuk penyewaan mobil.

Bila operator tur meminta pembayaran tunai, wesel, atau transfer, kita harus hati-hati! Terlebih bila kita memesan perjalanan di luar negeri dan mereka tidak dapat menerima pembayaran melalui kartu kredit.

Foto-foto perjalanan yang menipu

Sudah menjadi hal penting bagi traveler untuk melakukan riset sebelum mem-booking hotel atau memilih operator tur. Beberapa operator tur akan menunjukkan foto-foto perjalanan yang bisa membuat traveler terkesima.

Jangan cepat percaya! Sebaiknya kita mengecek foto tersebut. Mungkin saja itu foto yang diambil dari situs perjalanan lainnya. Kalau foto saja dipalsukan, apalagi yang akan mereka palsukan dalam perjalanan kita?

Hanya mau berkomunikasi melalui telepon

Berbicara melalui telepon memang lebih ketimbang harus melalui pemesanan online. Akan tetapi, Anda harus curiga bila operator tur tersebut hanya bisa berkomunikasi melalui telepon. Bisa saja mereka mencoba menyampaikan semuanya secara lisan dan menghindari hal-hal tertulis.

Ingat, bila kita tidak memiliki kontrak tertulis atau bukti melalui email, kita akan sulit menerima pertanggungjawaban bila terjadi susuatu dalam perjalanan. Ya, karena kita tidak memiliki bukti.

Kita harus membayar secara tunai dari 2 bulan sebelumnya

Memang beberapa hotel, situs pemesanan, dan operator tur mengharuskan traveler membayar penuh ketika membuat reservasi sebuah perjalanan. Namun bila kita harus membayar dari 2 bulan sebelumnya, ini adalah peringatan penting.

Menurut UU Penagihan Kartu Fair Credit Billing Act, konsumen memiliki waktu 60 hari untuk membatalkan pembayaran dengan kartu kredit mereka. Bisa jadi ini cara curang operator tur nakal untuk memastikan, kalau kita tidak bisa membatalkan pembayara apabila mereka tidak bisa memberikan paket perjalanan yang dijanjikan.

Ulasan palsu

Jangan mudah percaya dengan ulasan yang diberikan secara online. Kita harus mau menggali lebih dalam informasi yang dibutuhkan apalagi jika akun pengulas bernama anonim.

Sebelum mempercayai sebuah ulasan, cobalah untuk mencari tahu apakah operator tur tersebut menulis tentang tempat-tempat lain. Bisa saja operator tur tersebut menyuruh orang untuk memberikan tanggapan positif untuk mereka.

Memberikan janji yang berlebihan

Tentu kita pernah melihat iklan untuk tiket pesawat atau liburan yang berlebihan untuk menjadi sebuah kenyataan. Bila saja operator tur tersebut memberikan penawaran yang tidak masuk akal, seperti tiket pesawat seharga US$ 200 atau sekitar Rp 2 juta untuk keliling dunia. Kita harus mengetahui pajak dan biaya yang ditawarkan.

Operator tur ingin kita mendaftar dalam klub mereka

Jangan hiraukan bila operator tur menawarkan kesepakatan, jika kita mau membayar biaya langganan dan mendaftar masuk ke klub mereka. Ini sudah menjadi salah satu cara penipuan dari operator tur tersebut. Penipuan ini biasanya akan menjanjikan liburan murah bila kita bergabung dengan mereka. Kalau sudah terjerumus dalam cara ini, kita akan berpikir kalau melakukan penawaran jauh lebih.

Operator tur tidak terakreditasi

Operator tur yang terakreditasi harus menciptakan rasa aman saat Anda memesan mereka. Pastikan operator tur masuk dalam akreditasi profesional yang berlaku secara nasional atau internasional.


Sumber: USA Today.

0 komentar:

Posting Komentar